Jumat, 20 September 2013

Tutorial Mengompres File 3.6GB Menjadi 9MB Dengan WINRAR.

Tutorial Mengompres File 3.6GB Menjadi 9MB Dengan WINRAR.



Pada prinsipnya, kompresi file ukuran besar untuk dikecilkan adalah sesuatu yang amat sangat beresiko.... Kenapa saya bilang begitu? Karena kebanyakan hasil dari hasil kompresan tersebut bisa dibilang gak terlalu memuaskan hasilnya. Itu sebabnya saya bilang sangat beresiko... Resiko waktu yang terbuang percuma, resiko makan source. Apalagi kalu ngompresnya pake KGB Archiver yang kebanyak hasil kompresinya rusak semua alias corrupt.

Kalau gitu pake aplikasi apa yang bisa sampai ngompres file video yang saya bahas di post diatas yang gedenya sebesar 650mb bisa menjadi 7mb?
Jawabannya adalah bukan pake KGB archiver! lalu...pakai aplikasi apa dong? Oke... kita langsung aja
Apa saja yang perlu dipersiapkan?
-Aplikasi winrar
-Dan keberanian buat ngutak-ngutik setingan yang ada di winrar

Kok winrar yang dipakai?

Selama ini kita udah pada tau kan kalau winrar adalah aplikasi buat ngompres yang paling handal yang pernah dibuat, dan ternyata winrar ini punya....mmmmhhhh...istilah kerennya, kemampuan tersembunyi yang belum banyak orang tau. Dan kebanyakan orang yang make winrar, hanya sedikit aja yang berani bereksperimen ria dengan aplikasi tersebut melalui setingan-setingan yang tersedia. Dan yang lebih hebat lagi, waktu yang dibutuhkan untuk mengompres file, misalnya di post saya yang saya sebut diatas yang gedenya 650mb, cuma butuh waktu 10~15 menit doangan!!! Gitu juga waktu untuk ngompresnya, cepeeeeeet banget! Hebatkan???? Ini dia yang saya bakal bahas di post sederhana ini....

Gimana nyeting winrar-nya sampe bisa ngompres gila-gilaan gitu?

Oke, kita langsung aja ke intinya. Dibawah ini saya uraikan langkah-langkah pengompresannya! Dan screenshot yang saya lampirkan ini adalah screenshot waktu saya ngompres file ISO dari Windows_XP_64Bit(yang besarnya 3.6 gb)

Yang perlu diperhatikan disini, pertama : tidak semua file video atau file iso atau file lainnya bisa di kompres sampe ukuran kecil dengan trick ini. kedua : tutorial kompres yang saya jelasin dibawah ini merupakan salah satu trik dari sekian banyak trik ngompres pake winrar.

Jadi kesimpulannya, selain dengan trik yang ada dibawah ini, ada banyak lagi trik-trik lain untuk ngompres file jadi kecil banget.

Langsung aja kita mulai..
1. Siapkan file yang mau dikompres. Disini saya pilih file iso dari opearting system winxp_64bit yang ukurannya sekitar 3.6gb.
2. Klik kanan file yang mau dikompres, trus pilih "add to archieve"
3. Mulailah mengatur setting dari winrar seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, dan setelah selesai,  klik ok!
4. Winrar akan mulai mengompres file, dan tunggu sampai selesai .Proses kompresinya cuma butuh waktu 15 menit dengan Pentium 4 2.4gb.
5. Setelah prosesnya selesai, ya selesai deh! Mudah, kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar