Senin, 30 September 2013


Optimizing Windows 7 for Gaming
oleh: ranren     Pengarang : KorganoS

    Summary rating: 4 stars (5 Tinjauan)
    Kunjungan : 917
    kata:600

Summarize It

Jadi gamer baru membeli komputer dan menginstal Windows 7. Bagaimana cara-cara agar gaming lebih lancar, optimal, dan tidak menemui kendala? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba langsung di rumah.

Gunakan SSD
Harddisk yang kita gunakan menggunakan sistem mekanis yang lebih lambat daripada sebuah Flash memory. SSD atau Solid State Drive, memang mahal, tetapi performanya sangat tinggi dan akan meningkatkan kinerja game menjadi semakin maksimal. Adakalanya game membutuhkan akses file berulang-ulang ke drive, dan terkadang juga menyimpan memori sementara di situ. Oleh karena itu, SSD yang memiliki kecepatan akses di atas HDD biasa, akan sangat mempercepat proses ini sehingga tidak terjadi lag.

Install game ke harddisk terpisah
Jangan jejalkan semua game masuk ke harddisk utama di mana terdapat sistem operasi Windows 7. Sebaiknya gunakan harddisk terpisah karena semakin penuh sebuah harddisk, performanya akan turun karena mata HDD akan sibuk mencari file yang diperlukan untuk sistem operasi. Apabila kita menempatkan install game ke harddisk terpisah, maka performa HDD utama bisa tetap optimal dan terjaga.

Update Driver VGA
Update driver VGA yang paling baru! Karena Windows 7 menggunakan antarmuka Aero 3D WDDM. Ini berbeda dengan Windows XP yang menggunakan display 2D saja. Performa 3D yang maksimal akan sangat berpengaruh bagi kenerja Windows 7, sehingga setiap perbaikan yang dilakukan oleh vendor VGA akan memiliki efek positif bagi sistem operasi, dan secara tidak langsung mendukung performa game yang lebih optimal. Bagi pengguna kartu grafis GeForce series, masuklah ke http://www.nvidia.com, dan bagi pengguna Radeon, masuklah ke http://ati.amd.com.

Matikan Aero Dekstop
Walau cantik penampilannya, Aero memakan memori di kartu grafis karena ia menggunakan efek-efek 3D yang dirender menggunakan VGA. Untuk menghemat memori VGA, mempercepat proses render, maka ubahlah tampilan 3D Aero pada Windows 7 ke tampilan Basic. Caranya : klik kanan di dekstop, masuk ke Customize, pilih Windows 7 Basic Theme.

Buang program Startup yang tidak perlu
Klik pada tombol Start, dan ketikkan msconfig ke ‘Search Program and Files’. Lalu tekan Enter. Pada jendela System Configuration, pilih tab Startup. Di sini gamer akan melihat banyak sekali program yang jalan ketika Windows dijalankan. Semakin banyak program ini, semakin lama Windows boot up berlangsung, dan juga semakin menghabiskan memory (RAM).

Buanglah aplikasi yang tidak diperlukan
Bagaimana mengetahuinya? Ambil contoh iTunes. Jika gamer menginstall iTunes, maka akan ada iTunesHelper.exe dan QTTask. Exe yang sebenarnya tidak dibutuhkan apabila sedang tidak menjalankan iTunes. Matikan keduanya dengan mengklik tanda centang di sampingnya. Gamer juga bisa menghilangkan program dalam kategori services yang tidak perlu
Klik Start, ketik services.msc di kolom pencarian, dan tekan Enter. Ada banyak hal yang sangat membingungkan didaftarkan di situ. Namun kalau gamer tidak yakin dengan services apa saja yang hendak dihapus, jangan sentuh file-file tersebut sebelum tahu benar apa fungsinya.

Bersihkan C:/Windows/Temp secara berkala
Folder sampah bukan satu-satunya tempat di mana file tidak berguna disimpan. Walaupun sampah sudah dikosongkan, program akan sesekali meninggalkan file yang sudah tidak mereka pakai pada satu folder yang masuk kategori penampungan sementara (Temporary). Lokasinya adalah di C:/Windows/Temp. Semua file di sini biasanya aman untuk dihapus, dan akan menyediakan space HDD yang lebih lega supaya game-game dapat dinstall dengan lebih leluasa. Namun apabila ada file yang tidak bisa dihapus, biarkan saja. Ita tandanya file masih dipakai oleh suatu program yang sedang berjalan.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/2001506-optimizing-windows-gaming/#ixzz2gOhXXp00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar