Minggu, 14 April 2013

Tutorial Menggunakan RealVNC !

Untuk kesempatan berikut ini, saya akan mencoba untuk menyajikan bagaimana menggunakan salah satu remote desktop aplikasi yg cukup handal untuk membantu anda ketika melakukan maintenance / proses troubleshooting di lingkungan komputer anda, yaitu menggunakan RealVNC ! Bagi anda yg bekerja sebagai Network Administrator / yg akan dan meminati pekerjaan sebagai Heldesk, tentunya sangat bisa dipastikan anda membutuhkan aplikasi ini.
Apa sie kegunaan aplikasi ini ? Suatu saat ketika anda sedang mengerjakan tugas kantor anda dari bos anda dengan deadline hari ini, tiba-tiba ada user yg berada 4 lantai diatas anda menelpon anda bahwa komputernya sedang hang ! Anda sekarang dilema karena untuk membantu user tsb akan memakan waktu yg cukup lama diantaranya waktu perjalanan ke meja user tsb dan deadline menunggu, uurrgghhh… Nah itulah kegunaannya RealVNC sebagai Remote Desktop aplikasi ! Anda hanya perlu menjalankan software tsb dari PC anda dan menyelesaikan masalah tersebut langsung dari PC anda, voilaa…. ! Masalah PC user tsb tuntas dan yg paling penting, tugas anda terselesaikan sebelum deadline yg diberikan. Untuk bisa menggunakannya,  ikuti tutorial berikut ini :
  1. Download RealVNC terbaru. Versi gratisnya, saya rasa sudah cukup kok… Jangan pakai software bajakan yah, use Free Software only ! Anda akan diminta untuk mengisi data anda agar bisa mendownload aplikasi ini, untuk hal ini saya serahkan kepada anda…
  2. Apabila anda mendownload versi gratisnya, anda akan dimintai persetujuan untuk menggunakan lisensi GPL (GNU Public License) yg digunakan didalam aplikasi ini.
  3. Nah setelah aplikasi tersebut sudah selesai di download, jalankan file tersebut / klik kiri 2x !
  4. Pilih “I accept the agreement”, kemudian tekan Next !
  5. Pilih di direktory mana anda ingin menginstall aplikasi ini.
  6. Pilih component yg ingin ada install !Untuk yg ini, perlu anda perhatikan adalah : Bila anda menginginkan PC anda HANYA bisa di remote dari PC lain tanpa bisa meremote ke PC lain, pilih lah VNC Server saja ! Bila anda menginginkan PC anda HANYA bisa meremote PC lain tanpa bisa diremote dari PC lain, pilihlah VNC Viewer saja ! Tapi bila anda menginginkan PC anda bisa diremote dan meremote dari / ke PC lain, pilih VNC Server dan Viewer. Use it with wise…
  7. Nah apabila anda memilih komponen VNC Server dilangkah yg sebelumnya,  maka anda akan ditanyakan apakah ingin mendaftarkan VNC sebagai service di PC anda ? Saran saya, sebaiknya dicentang saja untuk pilihan ini…Setelah itu, ditampilkan summary dari hasil proses installasi sebelum benar-benar software tsb di install di PC anda !
  8. Diakhir proses instalasi, ditanyakan apakah ingin memasang password ketika PC anda akan diremote menggunakan VNC ? Pilih “Configure” dan isikan dengan password yg anda inginkan !
  9. Sampai disini belum selesai ! Cari tab “Connection”, dan masukkan di firewall anda port 5900 dibagian “Exception” bila menggunakan firewall bawaan Windows XP, apabila anda mengaktifkan firewall ! Agar software ini bisa digunakan. Pilih “Ok”.Pilih “Next”.Pilih “Finish”. Sampai disini, proses installasi sudah berhasil dilakukan… Mudah bukan ? Nah untuk melihat apakah service RealVNC sudah berjalan, lihat ke kanan bawah desktop / kolom system tray icon, apakah sudah nampak seperti ini ?Apabila RealVNC sudah berjalan dengan baik, maka anda sudah dapat menggunakannya. Apabila tidak, silahkan kalian lakukan proses Uninstall dan ikuti langkah-langkah yg ada diatas.. :) Jangan malas yah !
  10. Untuk dapat menggunakan RealVNC, anda install kembali software ini di PC selain milik anda yg tentunya dalam 1 jaringan yg sama dengan PC anda. Langkah-langkahnya sama dengan yg ada di atas.
  11. Apabila sudah diinstall, untuk dapat meremote PC lain jalan VNC Viewer dengan melalui : Start – All Programs – Real VNC – VNC Viewer 4 – Run VNC Viewer.Pada kolom “Server”, masukkan IP Address dari PC yg akan anda remote dan tentu saja yg sudah terinstall RealVNC ! Setelah itu, tekan “Ok”.Masukkan password yg telah anda setup ketika anda menginstall RealVNC di PC tersebut / di step #8 didalam postingan ini. Jangan sampai salah yah… :) Setelah itu tekan “Ok”. Apabila sudah benar melakukan semua langkah-langkah ini, maka anda akan berhasil melakukan Remote terhadap PC user yg ada didalam jaringan anda… :)
Yg perlu diperhatikan adalah anda sebagai Administrator wajib untuk memperhatikan manfaat dari aplikasi ini apabila disalahgunakan oleh anda sendiri / pihak-pihak yg tidak berkepentingan ! Karena hal ini bisa menjadi boomerang bagi anda bila tidak dipergunakan dengan baik…
Akhir kata, semoga apa yg saya sajikan dapat menambah pengetahuan anda dalam dunia teknologi informasi dan membantu mengefektifkan kinerja anda nantinya. Learn something every day…

Tutorial By : -J- http://code4peace.wordpress.com

Software-Software pendukung untuk warnet dan game online

berikut ini adalah software-software pendukung yang dibutuhkan oleh pawa pengelola warnet ketika menginstall ps client

Windows XP Black

Microsoft Office 2007 Enterprise full crack

Mozilla Firefox terbaru

Internet Download Manager Full Crack

 Adobe Photoshop CS3 Full Crack

Opera 11.50

Winrar 3.9 Pro Full Crack

Yahoo Messenger beta 11

Winamp 5.551 Pro Full Crack

KLite Codecs Full Pack

Untuk Software lainnya akan segera menyusul... ditunggu yah.... sabar...

Backup dan Install secepat kilat dengan norton ghost

Proses instalasi sistem operasi seringkali menjadi hal yang sangat menjemukan.hiren-norton-ghost Terutama apabila Anda termasuk orang yang risih jika instalasi OS Anda tidak stabil atau lemot. Saya dulu pernah termasuk dalam ‘golongan’ ini, dalam seminggu saya bisa install windows 2 hingga 3 kali karena beberapa instalasi game 3D yang saya mainkan sudah tamat dan harus diganti dengan yang baru :P
Selain karena memang ‘hobi’, terkadang Windows mengalami masalah yang tak terduga seperti serangan virus, missing file atau instalasi error. Ini bisa membuat makin sering kita ‘bermain’ dengan CD instalasi Windows. Repotnya, jika kita ga bisa berlama-lama buang-buang waktu hanya untuk install Windows plus aplikasi seabreg. Belum lagi aktivasinya.. ribet kan! Nah, daripada kita alami hal ini saya akan paparkan langkah antisipasi yang bisa Anda praktekkan. Bagi yang sudah tahu, maap kalo ada siaran ulang ya..

Untuk melakukan praktek, kita perlu program Cloning Tool. Sebenarnya banyak sekali program semacam ini yang beredar di pasaran, diantaranya Symantec/Powerquest Disk Image, Roxio GoBack, Windows System Restore, dll. Nah, kali ini kita akan ‘bermain’ dengan Program Norton Ghost 11.5 yang dapat Anda temukan dalam CD Hiren’s Boot CD 9.8. Bagi yang belum punya Hiren’s Boot CD Versi terbaru, silakan dapatkan di sini.
Norton Ghost menyediakan fungsi backup dan restore dengan mudah. Dengan bantuan Hiren’s Boot CD, Anda bisa melakukan prose backup dan restore instalasi Sistem Operasi Anda dengan mudah, praktis dan cepat. Ya, nggak secepat kilat dalam arti sebenarnya sih.. Tapi jauh lebih cepat daripada jika Anda harus menginstall Windows dari awal berikut program yang akan Anda gunakan.
Sebelumnya, persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan sebagai berikut:
  • Komputer atau Notebook target yang dilengkapi drive CD/DVD untuk menjalankan Hiren’s Boot CD. Saya sarankan minimal terdapat 2 partisi, sistem C:/ atau drive yang berisi instalasi Windows dan partisi lain untuk menyimpan image
  • CD Hiren’s Boot CD 9.8 berisi Norton Ghost 11.5
  • Flashdisk/keping DVD untuk menyimpan backup file image (Optional)
Prinsip kerja
Pada dasarnya, ada dua langkah yang Anda lakukan
  1. Membuat backup Data Partisi PC yang berisi Sistem Operasi Windows ke dalam File Image . File ini berisi rekaman komplit file sistem operasi Anda berikut program yang telah ter-install didalamnya. File ini harus disimpan di partisi selain partisi Windows itu sendiri. Misalnya Anda punya C:/ yang bersi instalasi Windows, Anda harus menyimpan file image di partisi selain C:/. Itulah mengapa di atas saya menyarankan minimal ada 2 partisi.
    Perlu saya tekankan bahwa, langkah ini mutlak diperlukan jika Anda ingin bisa melakukan langkah restorasi/pemulihan sistem dengan cepat. Dengan kata lain, tanpa adanya file Image Anda tidak bisa melakukan restorasi Windows.
  2. Restorasi Windows. Jika terjadi sesuatu, anda bisa memanggil file backup yang telah Anda buat sebelumnya untuk memulihkan instalasi Windows persis seperti saat file image dibuat.
Langkah Pertama, Membuat File Image.
  1. Masukkan Hiren’s Boot Flashdisk USB atau Hiren’s Boot CD sesuai dengan preferensi Anda.
  2. Nyalakan komputer, masuk ke BIOS dengan menekan DEL/F2/F8/F12 sesuai dengan BIOS PC Anda.
  3. Masuk ke Bagian Boot Sequence/Urutan Booting. Pastikan media yang Anda gunakan menempati urutan pertama booting. Misalnya: Anda memilih menggunakan CD Hiren’s, pastikan CDROM berada pada posisi booting pertama.
  4. Pada menu Booting Hiren’s, pilih ‘Start Boot CD’
  5. Pada Menu Utama Hiren’s, Pilih [2.] Backup Tool > [2.] Norton Ghost 11.5 > [8.]Ghost (Normal). Tunggu beberapa saat hingga program Norton Ghost berjalan. Klik [OK]
    hiren-norton-ghost1
  6. Pilih Menu > Local > Partition > To Image untuk menyimpan partisi ke dalam sebuah file image.
    hiren-norton-ghost2
  7. Pilih Harddisk Fisik yang akan di backup. Biasanya Windows ada pada Local (1) seperti pada contoh, [OK].
    hiren-norton-ghost3
  8. Pilih Partisi Harddisk yang akan di backup. Biasanya Windows ada pada Primary Drive seperti pada contoh, [OK]. Perhatikan atribut lainnya seperti File System (NTFS/FAT32), Label, Ukuran dsb. Pastikan Anda memilih drive yang tepat.
    hiren-norton-ghost3
  9. Tentukan Partisi Harddisk mana yang akan digunakan untuk menyimpan file backup image. Beri nama pada file, misalnya Backup_1 kemudian klik [SAVE]. Perhatikan bahwa harddisk ditulis dalam urutan seperti berikut; D:1.2:[DATA] FAT, artinya adalah:
    D: = Drive D:
    1.2: = merupakan Harddisk Fisik Pertama Partisi Kedua
    [DATA] = label DATA
    FAT =  File System FAT32
    hiren-norton-ghost5
  10. Selanjutnya akan muncul dialog kompresi Image File, pilih salah satu berdasarkan keterangan berikut:
    No = Pilih ini jika Anda tidak ingin mengubah file image dari ukuran file windows sebenarnya
    FAST = Pilihan kompresi cepat, hasilnya kurang lebih 30% dari ukuran file sebenarnya
    HIGH = Pilihan kompresi tingi, hasilnya bisa sampai 60% dari ukuran file asli meski prosesnya akan sedikit lebih lambat.
    Saya anjurkan Anda memilih pilihan ini untuk menghemat space harddisk. Toh Norton Ghost tidak mengubah isi file image, hanya ukuran filenya saja yang dipadatkan. Persis seperti yang dilakukan oleh WinZIP ato WinRAR.
    hiren-norton-ghost6
  11. Ketika muncul dialog box ‘Procesed with partition image creation?’ Pilih [YES]
    hiren-norton-ghost7
  12. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan muncul Image Box ‘Image Creation Completed Successfully’, klik [Continue]. Klik [Quit] untuk keluar Program.
Sampai di sini Anda sudah punya satu file image dari sistem operasi Anda yang sewaktu-waktu bisa dipanggil kembali untuk melakukan restorasi. Anda bisa menggunakan Flashdisk atau Media DVD untuk menyimpan file Image ini, hanya untuk berjaga-jaga.
Nah, suatu saat jika ada masalah dengan Windows, Anda tinggal melakukan langkah restorasi berikut ini.
Langkah Kedua, Restore Windows dari Backup File Image
  1. Boot dari Hiren’s Boot CD atau Hiren’s Boot USB Flashdisk
  2. Pada menu Booting Hiren’s, pilih ‘Start Boot CD’
  3. Pada Menu Utama Hiren’s, Pilih [2.] Backup Tool > [2.] Norton Ghost 11.5 > [8.]Ghost (Normal). Tunggu beberapa saat hingga program Norton Ghost berjalan. Klik [OK].
  4. Pilih Menu > Local > Partition > From Image untuk me-restore partisi dari file image yang tadi telah kita buat.
    hiren-norton-ghost8
  5. Temukan file Image dengan ekstensi .GHO pada drive penyimpanan Anda. Pilih, dan akhiri dengan Open.
    hiren-norton-ghost9
  6. Pilih Partisi sumber/Source file image kemudian klik [OK]
    hiren-norton-ghost10
  7. Pilih Harddisk fisik tujuan/Destination Restorasi Windows, [OK]
    hiren-norton-ghost11
  8. Pilih Partisi Harddisk tujuan/Destination Restorasi. Pilih Primary [OK]
    hiren-norton-ghost12
  9. Ketika Muncul Dialog Box ‘Prosses With Partition Restore?’ klik [Yes]
  10. Tunggu hingga selesai 100%
  11. Klik [Reset Computer] untuk me-restart Komputer.
Semoga bermanfaat..

Undeepfreeze 7


Mungkin kita pernah mengalami saat kita menyimpan file pada suatu pc di warnet lalu ketika komputer tak sengaja ter-restart maka file yang kita simpan tadi akan hilang.
kenapa?
Yahh,tidak lain dan tidak bukan ntu adalah ulah deepfreeze.
yaitu sejenis software yang berfungsi untuk membuat komputer akan kembali seperti semla saat deepfreezze ntu terinstal.
untuk menampilkan deepfreeze tsb tekan..
CTRL+ALT+SHIFT+F6 atau klik icon bergambar beruang pada pojok bawah dengan cara SHIFT+double klik.
Biasanya pemilik warnet menggunakan software ini untuk menghindari virus,atau kerusakan-kerusakan lainnya.
namun bagaimana jika kita mempunyai niat jahat? seperti memasang keylogger untuk hacking atau memasang hal lain yg terhalang oleh deepreeze?

Tenang sobat karna ane punya softwarenya ni buat mematikan ntu deepfreeze yaitu dengan undeepfreeze.
download software undeepfreeze 7. download disini.

Cara Memasang Deep freeze

Sahabatku…
Ada yang tahu ga apa itu Deep freeze….??
Aduh aku bingung ni…
Kemarin saya disuruh memasang Deep freeze di komputer warnet, cOz’y lagi banyak RAZIA warnet ….. ???? :(
He…m
Mungkin diantara sahabat da yang sudah tahu dan bisa memasangnya, tapi ga da salahnya kita berbagi saja ya…
Langsung yU..
Deepfreeze merupakan software yang sering digunakan di warnet atau di komputer – komputer yang sering di gunakan oleh org banyak (multi user). Kegunaannya tentu saja kita semua sudah tau. Oleh karena itu saya tidak akan membahas masalah kegunaannya melainkan cara install & uninstallnya. Sekilas installnya seperti aplikasi lain pada umumnya. Akan tetapi yang menjadi masalah bisaanya pada saat kita hendak menghapus (uninstall)nya dari komputer. Deepfreeze berbeda dengan aplikasi lain di mana jika kita hendak menghapusnya tinggal cari saja di start menu kemudian cari pilihan uninstall, atau dengan cara membuka control panel kemudian add/remove programs dan memilih aplikasi yang akan dihapus kemudian klik change / remove. Deepfreeze tidak dapat di temukan di start menu atau control panel. Bahkan dengan software bantuan seperti cccleaner, revouninstaller dsbnya. Hal ini yang bisaanya membingungkan user ketika hendak menghapusnya dari komputer. Oleh sebab di tulisan ini saya hendak membahas cara install dan uninstalnya. Dalam hal ini saya menggunakan deepfreeze versi 6.0.3.
CARA INSTAL :
1. Cari di mana file deepfreeze di simpan
Jika Sahabat ingin Mendapatkan Software Deep Freeze ini, Silahkan Downoad Disini
2. Seperti bisaa double click aja
3. Pilih drive mana yang akan kena pengaruh deepfreeze. Hal ini harus benar – benar diperhatikan, karena kalau salah mencentang di pilihan drivenya, bisa – bisa file yang capek – capek anda download dari internet bisa lenyap seketika setelah di restart. Saran saya beri tanda centang pada drive C saja, karena yang mau kita protect bisaanya aplikasi yang ada di system (C).
4. Klik Instal
Pilihan drive yang akan kena pengaruh deepfreeze
5. Seperti bisaa muncul dialog box agreement (persetujuan). Klik aja accept kemudian next
6. Klik finish
7. Deepfreeze telah terpasang di komputer anda. Secara otomatis deepfreeze akan melakukan restart.
8. Setelah masuk windows deepfreeze secara otomatis akan mengingatkan agar user memasang password sehingga tidak sembarang orang bisa mengaksesnya (mematikan atau menghapus). Klik saja yes
9. Klik saja ok dengan membiarkan kotak isian untuk password kosong
10. Masuk ke Menu Password. Masukan saja password anda kemudian di kolom confirm password juga di isi dengan password yang sama. Saran saya sebaiknya menggunakan password yang gampang di ingat. Back up password anda dengan software atau dengan catatan bisaa kemudian simpan baik – baik. Klik saja ok.
11. Deepfreeze anda telah terpasang passwordnya sehingga tidak sembarang orang bisa merubah setting di komputer yang anda gunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar