Sabtu, 18 Mei 2013

BackUp Driver Sebelum Melakukan Instal Ulang System Oprasi

Pernahkah anda berfikir untuk instal ulang system oprasi pada komputer anda ?, mungkin anda menganggap system oprasi itu sudah rusak dan memang layak untuk di instal ulang. Pemikiran seperti itu sangat mudah untuk kita fikirkan karna kita tidak ingin berlama-lama melihat komputer kita dalam kondisi tidak baik.
Instal Ulang komputer bukan hanya sekedar mengganti System oprasi, masih banyak hal-hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan itu semua salah satunya ialah BackUp Driver atau penyimpanan driver untuk digunakan kembali. Apa sih Driver itu ?? mengapa perlu di BackUp ??

Driver dapat diartikan secara singkat sebagai pengemudi. Jika kita jabarkan ialah suatu perangkat lunak yang berfungsi sebagai penggerak hardware yang ada pada komputer. Masing - masing Hardware komputer mempunyai driver yang berbeda, misalnya saja driver VGA card, jika kita mempunyai hardware-nya sedangkan kita tidak mempunyai driver-nya, maka sama saja VGA itu tidak dapat berfungsi.
Dan, Mengapa driver perlu di BackUp ?? Jelas Driver perlu di backUp, karna setiap komputer mempunyai hardware yang berbeda jenis dan merknya, misalnya anda mempunyai laptop Acer yang ingin di instal ulang, tidak mungkin anda meminta driver teman yang menggunakan laptop Toshiba. Jadi , sebelum melakukan instal ulang komputer, ada baiknya anda BackUp terlebih dahulu driver anda. BackUp driver Kapan saja bisa di lakukan untuk mengantisipasi jika system oprasi anda rusak sewaktu-waktu sehingga tidak dapat di backUp lagi.

Pada kesempatan kali ini, kita akan backUp driver menggunakan bantuan software yang namanya Driver Max, Software ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat luas. Ada lagi software yang tidak kalah bagus untuk backUp driver, namanya Driver Genius. kedua dua software ini sama saja bagi saya, tetapi Driver Max lebih mudah digunakan dan penyimpanan Driver lebih simple. Baiklah jika anda belum memiliki Driver Max, maka silahkan download

Di SINI

Link Download menggunakan Indowebster. Jika anda sudah selesai mengambil filenya, sekarang silahkan lakukan instalasi softwarenya dan jangan lupa untuk memasukkan kode serial number.
Jika instalasi sudah selesai, sekarang silahkan buka Software tersebut, kemudian pada Driver Operations, silahkan pilih Export Driver .



Sekarang muncul kata sambutan pada kotak baru, silahkan klik Next , setelah itu software akan melakukan Checking, silahkan pilih Select All, kemudian



kemudian, carilah tempat penyimpanan driver yang akan di backUp. Pilih Browse yang bergambar kaca pembesar dan Buatkan folder khusus untuk penyimpanannya.


Tinggu sampai proses BackUp selesai.
Sekarang silahkan lanjutkan pada Cara pemakaian driver yang telah kita BackUp tadi.



BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN DRIVER YANG TELAH DI BACKUP


Setalah kita melakukan BackUp , tentunya kita sudah bisa melakukan instal ulang system oprasi. Nah, setelah melakukan instalasi system oprasi, maka kita akan melakukan instalasi driver. Driver yang akan kita gunakan ialah driver yang telah kita BackUp sebelumnya.

Pertama, silahkan buka software DriverMax, kemudian Pada Driver Operations, Pilih Import Driver. Jadi Jika ingin BackUp kita gunakan Export, dan jika ingin menggunakan Driver yang telah di BackUp maka kita gunakan Import.

Setelah memilih Import Driver, sekarang akan muncul kotak pemberitahuan, silahkan pilih Next , untuk melanjutkan. Kemudian Silahkan Browse dan cari folder tempat penyimpanan driver yang telah kita BackUp tadi.


Setelah Next, maka muncul semua driver hasil backUp tadi, pilih Select All, kemudian Next,
Silahkan tunggu sampai selesai melakukan instalasi. Usahakan diamkan komputer anda pada saat proses berjalan.

Demikianlah cara mudah bagaimana BackUp driver menggunakan Driver Max. software ini bisa bekerja pada windows XP juga. Dan silahkan bertanya jika ada pertanyaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar