Selasa, 09 Juli 2013


 Setting modem TP-Link untuk Warnet


Pada awalnya jika kita berlangganan internet dari Speedy, kita akan mendapatkan modem gratis "dah termasuk paket jika lagi promo" dan modem tersebut memang sudah siap diseting oleh teknisi dari Telkom. Namun bagi saya karena berjiwa penasaran sangat tinggi, tinggi sekali, saya reset ulang tuh modem Tp Linknya. Kenapa direset, biasanya modemnya dikasih password dengan admin yang dirahasiakan oleh para teknisi dari sana."Pelit". Alasan apa mereka bertindak seperti itu, saya kurang mengerti. Bagi saya itu tidak penting-penting amat, yang penting kita punya username dan password speedy kita. Masalah password modem kan bisa kita acak-acak sendiri. Kelebihan kita bisa mengakses modem kita antara lain, dapat mengetahui kecepatan download dan upload yang terbaca dimodem, jadi kita tak perlu berulang-ulang tes speedtes koneksi kita, yang kedua jika terjadi musibah..cie dengan modem kita, maka tak kebingungan dan tak harus ngantri ngobrol dengan 147. Ketiga kita dapat mengatur tuh modem sesuka kita, seperti mengganti DNS, IP Address, Hotspot jika modem kita berfasilitas Vifi, dan buanyakk lagi. Langsung ke TKP aja.
1. Reset modem kita dengan menekan tombol kecil menggunakan Ballpoint pen, saya bisa pakek ini, karena yang sering ada, atau apa saja yang penting masuk. Tahan sekitar 1 menit sampai semua lampu indikator dimodem mati dan kemudian menyala lagi.
2. Jika langkah pertama sudah selesai, kita sambungin LAN PC kita ke modem, tunggu sebentar hingga kita mendapatkan IP Address dari modem, karena bisanya bersifat DHCP, kemudian buka browser kita dan ketikan 192.168.1.1. Loginlah dengan username admin dan password admin, atau lihat dibuku manual modemnya, kebanyakan defaultnya itu.
3. Jika berhasil, maka akan tampil halaman berikut ini.
4. Dalam mengotak-atik nih modem banyak cara, bisa kita menggunakan cara run wizard atau langsung di interface LAN dan Internnya. Intinya sama saja, dalam modem Dial Up yang penting modem kita bisa UP. Dan yang dibutuhkan untuk itu adalah username + passoword speedy saja. Bagaimana mendapatkan username dan password speedy, ya kita harus berlangganan ke plasa Telkom dong ah. Ni gambar kalo nanti modem kita dah jadi nyetingnya.
5. Waktunya menyeting modem TP Link ini, gunakan pilihan Run Wizard ( No 3 ). klik saja, nanti akan keluar halaman berikut.
6. Next aja
7. Kita mikir sejenak. ada empat pilihan disini, pilih yang mana.? Jawab, tergantung kebutuhan kita dong. Yang sering digunakan adalah yang ke tiga PPPoE/PPoA jadi modem kita kita aktifkan sebagai modem dan router juga. Syaratnya Username dan Password speedy dimasukin disini. Kelemahanya jika modem kita digunakan untuk skala besar, kayak warnet, sekolah, kantor, konfigurasi ini tidak baik. Kenapa? menurut saya kinerja modem jadi kayak kerja rodi alias 2 kali kerja. " Namun ini yang sering digunakan oleh masyarakat kita."
Cara yang kedua, ini yang lumayan stabil dan relatif aman untuk modem, yaitu option ke empat Bridge Mode, modem hanya sebagai jembatan sinyal analog ke sinyal digital. Disini username dan password speedy di taruh di Windows kita, ato di router kita, boleh Linux, Mikrotik, FreeBSD dll. Konfigurasi in yang sering digunakan warnet, langganan paket durasi, dan kantor besar.
8. Cuma memilih kok jadi kelamaan, next aja lagi kalo begitu. Karena di atas ( Nomor 7 ) kita memilih PPPoE/PPPoA maka akan keluar tampilan ini. Disini silahkan masukin data-data kita. VPI dan VCI adalah 8/81 untuk daerah Banjarnegara, Jawa Tengah, yang tinggal di luar jawa saya kurang tahu hal ini.
10. Next lagi dan Finnis, Setelah itu kita lihat indikator lampu modem kita, juka indikator DSL dan Internet kita dah menandakan menyala, bisa dipastikan kita telah sukses mengacak-acak modem kita. Untuk lebih menyakinkan klik di bagian Status ( gambar no 4 ). jika status kita dah UP berari internet kita dah nyambung.
11. Jangan lupa kita rubah password default modem kita.
12. Jika ingin lebih dalam lagi, kita bisa merubah bagian Interface Lokal LAN kita sesuai kebutuhan, maksudnya kita bisa merubah Alamat yang nantinya digunakan oleh komputer yang terhubung kemodem ini.
13. Lakukan restart untuk modem kita supaya konfigurasi yang kita lakukan dapat ter apply dengan baik
Tentunya masih banyak lagi yang saya ingin sampaikan tentang modem TP Link ini, namun karena keterbatasan ilmu saya. Saya cukupkan disini dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar